Intermezzo

Ini Sejumlah Obat Batuk Bagi Ibu Menyusui, Alami dan Aman

#INTERMEZZO – Penyakit tentu dapat menyerang siapa saja terutama bagi mereka yang memiliki daya tahan tubuh yang rentan. Hal ini tentu dapat terjadi pada siapa saja termasuk diantaranya ibu yang sedang dalam masa menyusui atau memberikan ASI pada sang buah hatinya.

Namun, saat seorang ibu masih dalam masa menyusui kemudian ia mengalami gangguan kesehatan atau mengalami sakit tidak bisa sembarangan dalam mengonsumsi obat-obatan. Sama seperti ketika masa kehamilan, ibu memberikan nutrisi pada anaknya dengan apa yang ia konsumsi. Saat ibu mengonsumsi sembarang obat-obatan maka dapat berpengaruh pada bayinya.

Jika Anda tengah mengalami gangguan kesehatan terutama yang saat ini sedang sering terjadi yaitu batuk, Anda dapat memanfaatkan beberapa bahan alami untuk menjadi obatnya. Berikut ini beberapa obat batuk untuk ibu menyusui yang alami dan tentunya aman untuk dikonsumsi bagi ibu menyusui juga bagi kondisi kesehatan bayi seperti yang dikutip dari situs berita hari ini.

1. Buah Nanas

Bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk menjadi obat batuk salah satunya adalah buah nanah. Buah ini ternyata dapat menjadi obat batuk alami yang juga aman untuk para ibu yang sedang dalam masa menyusui. Pasalnya, buah nanas ini memiliki kandungan bromelain yang dianggap dapat membantu mengeluarkan lendir dari tenggorokan dan juga dapat meredakan batuk.

2. Madu

Selain buah nanas, bahan alami yang mampu menjadi solusi sebagai obat batuk untuk ibu menyusui yang aman yaitu dari madu. Bahan alami yang berasal dari lebah ini dianggap cocok untuk ibu menyusui saat batuk karena dapat melegakan tenggorokan Anda.

Konsumsi bahan alami madu ini dapat diminum secara langsung atau dengan cara mencampurnya ke dalam segelas teh hangat. Atau jika Anda ingin hasil lebih yang maksimal, Anda dapat mencampurkan madu ke dalam teh herbal hangat atau perasan jeruk lemon. Tentunya campuran ini akan lebih efektif untuk melegakan tenggorokan Anda yang tentunya terasa gatal saat batuk.

3. Campuran Jahe dan Lemon

Selanjutnya, bahan alami yang dapat Anda gunakan sebagai obat batuk untuk ibu menyusui yaitu dengan memanfaatkan lemon dan juga jahe. Kedua bahan alami ini dianggap bisa mengatasi batuk kering. Pasalnya, keduanya memiliki anti inflamasi dimana sifat ini berfungsi untuk mengurangi risiko iritasi pada tenggorokan maupun paru-paru serta melegakan saluran pernapasan.

Untuk memanfaatkan kedua bahan alami ini, Anda hanya perlu merebus air kemudian mencampurkan jahe ke dalamnya hingga air mendidih. Kemudian, saat air telah berkurang Anda dapat meniriskannya dan mencampurkan dengan perasan lemon. Untuk memberikan sedikit rasa, Anda dapat menambahkan madu ke dalamnya.

Beberapa bahan alami di atas dianggap mampu berguna sebagai obat batuk untuk ibu menyusui yang aman.

Ini Sejumlah Obat Batuk Bagi Ibu Menyusui, Alami dan Aman
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Most Popular

To Top