Intermezzo

Cara Mengobati Ruam Popok Pada Kulit Bayi

Source: Perawatanbayi.com

Bagi seorang ibu yang mempunyai bayi, tentu menjaga kesehatan si kecil merupakan prioritas utama. Bukan tanpa alasan, seorang bayi yang masih kecil masih rentan terhadap berbagai hal yang dapat menyebabkan penyakit maupun gangguan kesehatan lainnya. Hal ini tidak lain karena sistem kekebalan tubuh bayi belum begitu kuat sehingga tidak mudah melawan berbagai ancaman penyakit.

 

Popok bayi menjadi salah satu sumber bakteri dan kuman berkumpul. Sehingga jika tidak dibersihkan dan diganti dengan rutin bisa menyebabkan infeksi kulit bayi yang mengganggu. Infeksi akibat popok ini sering kali menyebabkan gejala peradangan pada kulit yang membentuk ruam kemerahan. Ketahuilah penyebab ruam popok agar bisa menghindari terjadinya dan cara mengatasi ruam popok.

Penggunaan popok bayi memang tak sedikit, sehingga membutuhkan banyak popok. Banyak orangtua akhirnya mencari harga popok bayi yang paling hemat agar biaya popok bayi tak membengkak.

 

Bila ruam popok sudah terjadi maka orangtua bisa melakukan cara ini agar bisa segera sembuh, cek caranya berikut ini :

 

Berikan Udara yang Longgar

 

Cara mengobati ruam popok pada bayi yang pertama dengan memberikan kelonggaran udara dengan baik. Perlu diketahui bahwa kondisi kulit di sekitar popok yang lembap menjadi salah satu faktor pemicu munculnya iritasi dan infeksi.

Dengan begitu, usahakan untuk memberikan kelonggaran udara ketika mengenakan popok pada bayi. Ini bisa dilakukan dengan mengangin-anginkan area tersebut selama beberapa waktu. Hal ini dinilai dapat membantu menyembuhkan ruam lebih cepat dibandingkan menutupi bagian ruam dengan popok secara terus menerus.

 

Oleskan Minyak Jarak

 

Cara mengobati ruam popok selanjutnya dengan mengoleskan castor oil atau minyak jarak. Diketahui, minyak jarak dapat digunakan untuk meredakan nyeri dan membantu penyembuhan ruam popok lebih cepat. Dalam hal ini, minyak jarak mempunyai kandungan antibakteri dan antijamur yang dapat mengurangi gejala infeksi secara efektif.

 

Oleskan Menggunakan Witch Hazel

 

Cara mengobati ruam popok pada bayi yang tidak kalah efektif adalah dengan menggosok bagian kulit ruam dengan witch hazel. Diketahui, witch hazel merupakan bahan alami yang dapat memberikan sensasi dingin dan menenangkan area kulit yang terkena ruam.

 

Oleskan Petroleum Jelly

 

Mengoleskan petroleum jelly juga termasuk salah satu cara mengobati ruam popok yang bisa Anda lakukan. Petroleum jelly ini bisa diberikan setiap kali Anda mengganti popok bayi. Di sini, petroleum jelly dapat bekerja sebagai pelindung kulit dari iritasi dan menjaga kelembapan kulit sehingga terhindar dari risiko ruam popok.

Pentingnya menghindarkan si kecil dari ruam popok. Untuk itu gunakanlah popok yang berkualitas baik seperti Merries, memiliki daya serap cepat, berbahan lembut, sirkulasi udara yang baik.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top