Senandika

Media Sosial, Kunci Kesuksesan Bisnis Era Digital

#Senandika by Adinda Hanida – Universitas Al-Azhar

Keberadaan media sosial kini terus merambah kehidupan manusia. Dalam perkembangannya media sosial bisa dimanfaatkan untuk beragam kepentingan, mulai menjalin pertemanan, kampanye program, sampai promosi dan pemasaran produk atau jasa tertentu.

Adanya kemajuan yang pesat di bidang teknologi informasi diimbangi dengan kemajuan teknologi transportasi dan manajemen logistik. Hal tersebut makin memudahkan terjadinya lalu lintas manusia sekaligus barang. Dua hal tersebut selayaknya menjadi peluang usaha yang harus dimanfaatkan.

Dalam hal ini, bagaimana mendayagunakan media sosial seperti Facebook dan Twitter atau yang lainnya untuk memasarkan produk?

Kita bisa membentuk pola komunikasi yang menjanjikan dengan adanya interaksi yang lebih intensif lewat media sosial. 

Menurut riset platform manajemen media sosial HootSuite dan agensi marketing sosial We Are Social bertajuk “Global Digital Reports 2020” hampir 64 persen penduduk Indonesia sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

 

Media Sosial, Kunci Kesuksesan Bisnis Era Digital

Riset tersebut diliris pada akhir bulan Januari 2020 menyebutkan, jumlah penggunaan internet di Indonesia sudah mencapai 175,4 juta.

Masih dari riset yang sama, jumlah pengguna media sosial di Indonesia sudah mencapai 160 juta, meningkat 8,1 persen atau 12 juta pengguna dibandingkan tahun lalu. 

Dengan begitu, penetrasi penggunaan media sosial di Indonesia sudah mencapai 59 persen dari total jumlah penduduk. Dan rata-rata penggunaan media sosial di Indonesia mencapai  3 jam 26 menit per hari.

Angka itu juga di atas rata-rata global yang mencatat waktu 2 jam 24 menit per hari. Namun Filipina menjadi negara yang paling sering membuka media sosial dengan total waktu 3 jam 53 menit per hari.

Lalu apa yang menjadi Kunci Kesuksesan Bisnis dengan adanya Media Digital saat ini?

Dalam menjalankan bisnis, pemasaran adalah salah satu langkah yang dapat mempengaruhi perkembangan bisnis. Pemasaran adalah sebuah pengenalan brand, produk dan jasa yang kamu tawarkan kepada masyarakat.

Saat ini media digital menjadi pusat kehidupan masyarakat secara online. Banyak pelaku binisis yang memanfaatkan media digital khusushnya media sosial. Sebagai pelaku bisnis kamu harus bisa memanfatkan media sosial semaksimal mungkin untuk keberhasilan bisnis kamu.

Lalu bagaimana strategi bisnis digital yang bisa dilakukan saat ini? Dikutip dari Acerid (2017), berikut beberapa strategi bisnis di era digital yang harus dilakukan:

1. Meningkatkan Customer Engagement

Sebagai pelaku bisnis, kamu harus memanfaatkan media sosial sebagai pemenuh kebutuhan masyarakat secara praktis, yaitu dengan platform chat, baik manual atau menggunakan chatbot pada market place.

Hal tersebut dapat meningkatkan calon pembeli, bahwasannya jika pelanggan merasa puas maka diperikirakan pelanggan akan kembali lagi ke bisnis anda ketika dirinya merasa butuh.

2. Paham perilaku Konsumen melalui Media Sosial

Melalui media sosial, pelaku bisnis dapat mencari tahu segmenteasi pasarnya. Dengan arti seperti apa produk yang di butuhkan konsumen, bagaimana kebiasaan konsumen berbelanja, berita yang sedang tren dapat menjadikan ide kreatif pelaku bisnis.

Mengetahui perilaku konsumen adalah hal yang penting untuk para pelaku bisnis, karena dari hal tersebut kamu memperkecil kemungkinan salah langkah untuk bertindak dalam perkembangan bisnis kamu.

3. Pematangan Strategi Digital

Sebagai pelaku bisnis, kamu harus bisa mempertimbangkan secara matang dan memastikan bahwa strategi itu bisa membuat bisnis kamu unggul dari competitor yang lainnya. Strategi digital yang kamu rancang harus mampu mentransformasikan bisnismu secara menyeluruh, tidak hanya terfokus pada strategi secara individual, melainkan juga kelompok yang memiliki satu ketertarikan.

4. Berani dalam mengambil Risiko

Seperti yang kita tahu dalam mengambil keputusan, tidak semuanya berjalan mulus. Jadi sebagai pelaku bisnis harus berani dalam mengambil resiko.

Lalu apa platform media sosial yang dapat mensukseskan bisnis kamu? Berikut list platform yang bisa kamu pakai:

1. Instagram 

Media sosial Instagram adalah salah satu alat komunikasi yang dapat mengunggah foto atau video dilengkapi teks pada caption.

Pada platform ini kamu bisa membuat akun bisnis untuk menarik followers dan like, serta memberikan informasi melalui gambar atau video, dan menggunakan fitur direct massage untuk berkomunikasi dengan konsumen.

Saat ini platform Instagram telah memiliki fitur untuk melakukan Instagram Ads, yang nantinya iklan kamu akan tersebar keseluruh pengguna Instagram sesuai dengan interest yang kamu setting.

 

Contoh Instagram ads (feeds)


2. Facebook

Menurut Merry Riana dalam buku karangan Fikri .Z dan Purnawan.K.H (2016), Facebook telah menjadi fenomena dan menjadi Booming tak hanya dimanfaatkan untuk berkomunikasi maupun menambah relasi. Besarnya lingkup jejaring social ini menjadi lahan empuk untuk menawarkan produk baik barang maupun jasa.

Dan banyak sekali applikasi atau fitur yang dapat dimanfaatkan sebagai alat kampanye atau promosi menggunakan facebook, baik yang dikembangkan oleh internal facebook maupun dari pengembang eksternal. Untuk melakukan promosi atau beriklan menggunakan Facebook tentunya harus membuat Facebook Page (Fanspage) terlebih dahulu.

Menurut Blenda .A dan Lestari L.P (2018) Fanspage atau Halaman Facebook adalah Platform yang disediakan Facebook untuk melakukan kegiatan bisnis, dan merupakan bagian terpenting dari segala aktifitas bisnis di Facebook, mulai dari promosi hingga analisa semua dilakukan di Fanspage.

3. Twitter

Menurut Muhammad Badri (2011: 140) Twitter merupakan microblog paling populer di Indonesia. Microblog ini memungkinkan pengguna untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets), berupa teks maksimal 140 karakter yang ditampilkan padahalaman profil pengguna.

Pada platform twitter anda dapat berbagi informasi melalui teks, gambar, dan video. Anda bisa melakukan promosi di platform twitter dengan menggunkankan teknik kampanye yaitu penggunaan “#” yang akan memicu anda memasuki trending di twitter, jika strategi kampanye anda berhasil.

4. Website

Website adalah sebuah situs yang paling efektif untuk memperkenalkan dan memasarkan produk/jasa saat ini. Website memiliki banyak kenggulunan untuk media promosi, seperti mudah diakses, dapat dijangkau pasar yang luas, biaya yang murah, media display yang sangat efektif, mudah untuk mengupdate, dan tingkat keberhasilannya dapat diukur. 

Dari pembahasan di atas, kita bisa tahu beberapa platform yang sering digunakan untuk media promosi para pelaku bisnis. Namun semua itu pun masih belum semuanya terangkum. Masih banyak sekali cara dan media untuk melakukan kegiatan bisnis dan promosi di dunia maya.

Oleh karena itu, kita sebagai pembisnis sudah wajib melek terhadap teknologi sehingga tidak ketinggalan dengan competitor, kita hanya perlu memahami lebih dalam mengenai media sosial dan memanfaatkannya semaksimal mungkin.

Media sosial, jika di-maintain dengan benar, nantinya akan menghasilkan keuntungan tersendiri untuk bisnis kamu.

Selain hemat biaya, menggunakan media sosial sebagai alat untuk promosi bisnis juga menjadi hal yang efektif dan efesien.

——————————————————————-

Referensi

KumparanTECH. 2020, febuari 21. Riset: 64% Penduduk Indonesia Sudah Pakai Internet. Di akses dari https://kumparan.com/kumparantech/riset-64-penduduk-indonesia-sudah-pakai-internet-1ssUCDbKILp/full.

AcerID. 2017, September 22. Ingin Sukses Berbisnis di Era Digital? Simak Tips Ini. di akses dari https://www.acerid.com/sukses-bisnis-di-era-digital/ 

Fikri, S, Purnawan, KH.2016.”Dikejar Duit Dari Facebook”.Sadarhati Book Expert: Madiun 

Blenda, A, Lestari, LP.2018.”Facebook Ads Mastery”.PT.Alona Indonesia Raya: Jakarta

Badri, Muhammad. 2011. Corporate Marketing and Communication. Jakarta : Universitas Mercu Buana.

Blog pribadi: https://adindatugasuai.blogspot.com/2021/01/media-sosial-kunci-kesuksesan-bisnis-di.html 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top