Intermezzo

Hal-Hal Kecil yang Diperhatikan saat Wawancara Kerja

Dalam wawancara kerja, persiapan harus selalu dilakukan. Mulai dari persiapan jawaban, pertanyaan, samapi cara berpakaian.

Namun, masih ada lho sejumlah hal kecil yang harus kamu perhatikan dalam wawancara kerja. Apa saja?

Maya Arvini, penulis buku Career First, akan menjelaskannya kepada sobat tuminesia sekalian. Berikut hal-hal kecil yang jadi perhatian saat wawancara kerja:

1. Orisinalitas Berpakaian

Seorang Maya Arvini, pernah menolak calon pekerja yang memakai tas branded palsu. Padahal, si pelamar adalah orang yang cerdas, memiliki pengalaman organisasi dan kerja yang cukup bagus.

Bagi Maya, si pelamar telah gagal menjadi dirinya sendiri. Dalam hal ini, si pelamar memilih untuk membuat orang lain kagum dengan tas palsunya tersebut.

2. Perhatikan Intonasi Berbicara

Jangan terlalu memakai volume suara yang terlalu keras, jangan juga terlalu pelan. Atur volumenya agar si pewawancara dapat mendengar suaramu.

3. Cara Duduk

Posisi duduk sebaiknya tegap dan tidak “loyo”. Berikan impresi bahwa kalian siap dan bersemangat menjalani interview.

4. Jabat Tangan

Menurut Maya, saat pertama kali berjabat tangan dengan pewawancara (interviewer), berikan jabatan yang mantap. “Kasih greating, jabat tangan yang mantep, jangan keliatan loyo,” katanya.

5. Jangan Menyalakan Gawai

Saat sedang menjalani interview kerja, jangan pernah menyalakn gawai (ponsel). Jika masih menyala dan ada telepon masuk, itu akan mengganggu proses wawancara. Selain itu juga membuktikan bahwa kamu tidak serius menyiapkan waktu untuk wawancara tersebut.

Baca Juga: Kunci Sukses Interview Kerja Adalah…

Itulah sejumlah hal kecil yang kerap diperhatikan saat wawancara kerja. Jadi, sudah siap menghadapi wawancara kerja?

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Most Popular

To Top